Training Creative and Innovative Thinking For Marketing Professional

PENGANTAR

Budaya Kreatif sangat perlu bagi sebuah perusahaan ataupun organisasi. Banyak perusahaan yang gulung tikar karena kurangnya kreatifitas dan inovasi didalamnya. Sekarang bukan lagi perusahaan yang besar yang dapat bertahan, tapi perusahaan yang kreatif dan inovatif dan bergerak cepat. Setiap orang dalam perusahaan harus diarahkna kesana, mereka ikut terbeban dalam membangun perusahaaan. Kata-kata, “tidak tau pak, tidak mungkin pak, tidak bisa pak, mustahil pak, itu adalah kata2 alasan dari orang yang tidak kreatif.  Melalui pelatihan ini, akan diajarkan bagaimana cara agar seluruh staf, supervisor, manager di didalam satu perusahaan/organisasi punya kreatifitas dalam melakukan pekerjaan sehari hari. Kreatifitas dapat membantu meningkatkan penjualan, baik melalui strategi marketing, kreatifitas dalam pelayanan, ada banyak strategi pelayanan dan tidak perlu banyak biaya promosi tapi efektif meningkatkan penjualan. Banyak karyawan yang langsung mengganti peralatan/perlengkapan yang baru karena kurang kreatif, dan itu adalah biaya, mereka harus dilatih berpikir bagaimana cara untuk mengubah, memperbaiki, atau mendayagunakan sumber yang ada, sehingga tidak boros dalam biaya. Kreatifitas juga mampu mengefektifkan dan mengefisiensikan pekerjaan. Peserta juga akan dilatih bagaimana cara memunculkan ide-ide baru yang kreatif yang dapat digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan, sehingga tidak ada lagi terdengar kata-kata “ sepertinya tidak bisa pak, susah pak, gak mungkin pak, jangan saya pak, dan banyak kata-kata lain. Orang yang kreatif punya banyak cara, orang yang tidak kreatif punya banyak alasan.

MANFAAT :

  • Mampu meningkatkan kompetensi Professional Creative Thinking
  • Memahami konsep dan prinsip berpikir Creative & innovative
  • Kemampuan menguasai dan menerapkan metode Creative & innovative thinking dalam menangani tugas dan pekerjaan marketing
  • Dapat memahami, menguasai dan menerapkan proses berpikir Creative & innovative
  • Dapat menghasilkan ide-ide kreatif untuk kepentingan perusahaan atau marketing seperti solusi atas masalah marketing, pencegahan potensi masalah marketing, melakukan perbaikan berkelanjutan, mengisi peluang – peluang bisnis di tempat kerja.
  • Menjadi pribadi berinisiatif, proaktif, dan kreatif sehingga target perusahaan lebih mudah tercapai

MATERI

  1. Introduction
    • Tantangan Bisnis Dalam Era Pandemi & Resesi Ekonomi: Adapt or Die
    • Perusahaan Membutuhkan Creative Profesional Menjawab Tantangan Bisnis
    • Bukti dan Tanda Anda Professional Adalah Ide-Ide Kreatif Anda
    • Tantangan & Hambatan Professional Dalam Menghasilkan Ide-Ide Kreatif
  2. Creative & Innovative Thinking
    • Kompetensi Cognitive
    • Pengertian Arti Berpikir
    • Proses Berpikir
    • Otak Kiri dan Otak Kanan
    • Berpikir Kreatif dan Rasional
    • Konsep Berpikir Kreatif & Inovatif
    • Penggerak Manusia Berpikir Kreatif & Inovatif
    • Ciri-Ciri Orang Kreatif
    • Faktor-Faktor Pendukung Kreativitas Manusia

3. Penghambat Berpikir Kreatif & Inovatif

    • Faktor-Faktor Penghambat dan Pembunuh Kreativitas Manusia: Dalam Diri, Organisasi, dan Lingkungan
    • Tujuh Penghambat Kreativitas Dalam Organisasi
    • Mental Blocked
    • Keterbatasan Motivasi
    • Solusi Terhadap Penghambat Kreativitas di Dalam Diri Manusias atau Organisasi

4. Persyaratan Kompetensi Untuk Peningkatan Berpikir Kreatif & Inovatif Bagi Professional

    • Mencintai Profesi Pekerjaan dan Penguasaan Pekerjaannya
    • Mencintai Perusahaan, Produk dan Jasa, dan Customer
    • Positive Mindset Professional
    • Motivasi Berprestasi
    • Sensitivitas Panca-Indera yang Tinggi untuk Menemukan Masalah, Potensi Masalah dan Peluang Bisnis atau Peluang Continuous Improvement
    • Interpersonal Communication Skill
    • Kepercayaan Diri

5. Persiapan Membangun Kreativitas & Inovasi

    • Rahasia Melahirkan Kreativitas & Inovasi
    • Ciri-Ciri Orang Kreatif
    • Cara Memompa Pikiran Kreatif
    • Cara Kerja Pikiran (otak) Kreatif
    • Cara Memberi Makan Otak Kreatif
    • Menemukan Gelombang Otak Kreatif
    • Melatih Pancaindra Meningkatkan Kreativitas
    • Aturan Dasar Menghasilkan Ide Kreatif

6. Proses Menghasilkan Ide-Ide Kreatif Professional

  • Teknik Melahirkan Ide Kreatif
    • Brainstorming
    • Mind Mapping
    • Rapid Prototype
  • Model Creative Thinking
    • ATM-I (Amati, Tiru, Modifikasi, Inovasi)
    • SCAMPER (Substitute, Combination, Adapt, Modification, Purpose, Elimination, Reverse/Rearrange)
  • Tujuh Tahapan Proses Kreativitas
    • Persiapan (Preparation)
    • Penyelidikan (Investigation)
    • Konsentrasi (Concentration)
    • Pengeraman (incubation)
    • Penerangan (illumination)
    • Pengujian (Verification)
    • Penerapan (Implementation)

7. Implementasi Creative & Innovative Thinking Dalam Marketing

  • Strategi Marketing
  • Marketing Analysis – STP
  • Marketing Mix – 4P
  • Creative & Innovative Marketing

8. Action Plan – Implementasi Creative Thinking

  • Menemukan Masalah-Masalah di Tempat Kerja
  • Menemukan Potensi Masalah di Tempat Kerja
  • Menemukan Peluang-Peluang Perbaikan Berkelanjutan (Continuous Improvement)
  • Memberikan Sumbangan Ide-Ide Kreatif Untuk Memecahkan Masalah (Problem Solving), Pencegahan Potensi Masalah, Melakukan Perbaikan Berkelanjutan (Continuous Improvement)

PESERTA :

Marketing Staff, Marketing Supervisor, marketing Manager, Business Development, dll

Pembicara / Fasilitator :

  • Dra. Handayani K. CPS., CCP., CPMM., CELM., CNS., CHC., CNLPC., CGHNC., CMt., CTACT., CIBST., CT. BNSP
  • Johnson Alvonco, Ph. D.
  • Anwar Haliyanto, SE, MM, LCPC
  • Edi Darmawansah, STP. CPS. CT NNLP

Views: 4