PENGANTAR
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah cabang dari teori pendidikan yang berkaitan dengan pengajaran anak-anak (formal dan informal) sampai usia sekitar 8 tahun. Bayi / balita, merupakan bagian dari pendidikan anak usia dini, yang menunjukkan pendidikan anak-anak dari lahir sampai usia dua tahun. Ini muncul sebagai bidang studi selama Pencerahan, khususnya di negara-negara Eropa dengan tingkat melek huruf yang tinggi. Hal ini terus tumbuh melalui abad kesembilan belas pendidikan dasar universal menjadi norma di dunia Barat. Dalam beberapa tahun terakhir, pendidikan anak usia dini telah menjadi isu kebijakan publik lazim, seperti kota, negara, dan anggota parlemen federal yang menganggap dana untuk prasekolah dan pra-K.Hal ini digambarkan sebagai periode penting dalam anak development.It mengacu pada perkembangan allround dari kepribadian seorang anak.
Karakter akan terbentuk sebagai hasil pemahaman 3 hubungan yang pasti dialami setiap manusia (trianglerelationship), yaitu hubungan dengan diri sendiri (intrapersonal), dengan lingkungan (hubungan sosial dan alam sekitar), dan hubungan dengan Tuhan YME (spiritual). Setiap hasil hubungan tersebut akan memberikan pemaknaan/pemahaman yang pada akhirnya menjadi nilai dan keyakinan anak. Cara anak memahami bentuk hubungan tersebut akan menentukan cara anak memperlakukan dunianya. Pemahaman negatif akan berimbas pada perlakuan yang negatif dan pemahaman yang positif akan memperlakukan dunianya dengan positif. Untuk itu, Tumbuhkan pemahaman positif pada diri anak sejak usia dini, salah satunya dengan cara memberikan kepercayaan pada anak untuk mengambil keputusan untuk dirinya sendiri, membantu anak mengarahkan potensinya dengan begitu mereka lebih mampu untuk bereksplorasi dengan sendirinya, tidak menekannya baik secara langsung atau secara halus, dan seterusnya.
Biasakan anak bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Ingat pilihan terhadap lingkungan sangat menentukan pembentukan karakter anak. Seperti kata pepatah bergaul dengan penjual minyak wangi akan ikut wangi, bergaul dengan penjual ikan akan ikut amis. Seperti itulah, lingkungan baik dan sehat akan menumbuhkan karakter sehat dan baik, begitu pula sebaliknya. Dan yang tidak bisa diabaikan adalah membangun hubungan spiritual dengan Tuhan Yang Maha Esa. Hubungan spiritual dengan Tuhan YME terbangun melalui pelaksanaan dan penghayatan ibadah ritual yang terimplementasi pada kehidupan sosial.
MATERI
- Bahan ajar/sumber belajar
- Media pembelajaran
- Manajemen Sekolah
TUJUAN
Diharapkan setelah peserta mengikuti pelatihan ini mampu memahami :
- Memahami konsep cara membangun karakter anak usia dini
- Mengetahui cara anak memahami bentuk hubungan melalui pemahaman positif dan negatif
- Mengetahui cara berinovasi dan improvisasi yang berkesinambungan dalam membuat konsep pembelajaran di kelas sesuai karakter anak.
METODE
Training Membangun Karakter Sejak Pendidikan Anak Usia Dini – ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan
PESERTA
Kepala sekolah, pembimbing kesiswaan, guru pendidik, dosen, pengembang kurikulum, komite sekolah, mahasiswa ilmu pendidikan dan semua element yang terkait dengan pendidikan
Instructor : Consultant Team PT IFORBIT
Tempat dan Jadwal : Jakarta-Bandung-Yogya-Bali
| JAN. | FEB. | MAR. | APR. | MEI | JUNI | JULI | AGT. | SEP. | OKT. | NOV. | DES. | HARGA |
| 8-10 | 3-5 | 24-26 | 16-18 | 26-28 | 2-4 | 1-3 | 25-27 | 1-3 | 29-31 | 3-5 | 1-3 | 8.000.000 |
TERMS AND CONDITION :
Harga : Belum Termasuk Pajak 11 %
FACILITY FOR PARTICIPANT Offline :
- Modul Training
- Sertifikat Pelatihan
- ATK : Block Note dan Ballpoint
- Souvenir Training
- Ruang Training dengan Fasilitas Full AC dan Multimedia
- Makan Siang dan 2 kali Coffee Break Selama Training
- Qualified Instructor Training
Lihat juga Kumpulan Judul Training Psikologi Pendidikan disini…
Views: 6